Oleh: ch41rum4n | 15 Oktober 2009

Tips Jika Flashdisk Tidak Bisa Dicabut Lewat Perintah ‘Safely Remove Hardware

Internet Marketing Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan flashdisk. Dan saya juga punya keyakinan 95% lebih mereka yang pernah menggunakan komputer pasti pernah menggunakan flashdisk.
Setiap kali akan mencabut flashdisk, biasanya kita akan menggunakan perintah Safely Remove Hardware. Tetapi terkadang keluar pesan error Generic Volume Cannot Be Stopped yang menghambat kita untuk mencabut flashdiskkita. Kenapa bisa begitu dan bagaimana mengatasinya?
Blogger PC World mengungkapkan Windows tidak mengizinkan kita untuk mencabut flashdisk adalah karena ada file, program atau suatu proses dari sistem yang masih bekerja pada flashdisk tersebut. Dan mencabut dalam kondisi tersebut bisa mengakibatkan flashdisk menjadi rusak.
Berikut tips cara mengatasinya :
1. Mulai dengan menutup semua window explorer yang masih terbuka. Meski mereka tidak sedang menampilkan isi dari drive, mereka mungkin sedang melakukan proses pada drive.
2. Tutup program yang mungkin sedang mengakses file atau folder yang ada pada flashdisk. Sebagai contoh Anda sedang membuka file Word yang ada di flashdisk, maka Anda harus menutup file Word yang sedang terbuka tersebut.
3. Jika masih belum bisa, kemungkinan ada program yang sedang mengakses flashdisk tanpa sepengetahuan Anda. Contohnya mungkin program antivirus sedang melakukan scanning atau mengawasi flashdiskAnda. Ini akan membuat safe removal akan sulit dilakukan. Jika Anda menggunakan program pemonitor sistem, coba lihat setting-nya apakah bisa Anda tidak mengikutkan external drive. Tetapi memang sedikit beresiko karena flashdisksering menjadi sumber virus.
4. Karena hal tsb. maka kemungkinan selanjutnya adalah ada virus yang sedang menulari flashdisk atau sedang meng-copy-kan diri dari flashdisk ke komputer Anda! Hal ini bisa menjadi kemungkinan terakhir jika Anda sudah memastikan tidak ada program dan file, baik yang terlihat atau tidak, yang sedang melakukan proses pada flashdisk. Jika Anda masih bisa mengamati isi flashdisk maka dalam kasus ini isi dari flashdisk anda akan bertambah dengan file-file baru dan aneh yang sebelumnya tidak pernah anda copy-kan.
5. Terakhir. Jika masalahnya sulit untuk diatasi terutama jika karena ada akses dari program yang tidak anda ketahui termasuk juga virus, anda bisa mencoba langkah terakhir.
Pertama, anda bisa menunggu sampai proses shutdown untuk mencabutnya.
Kedua, jika Anda benar-benar butuh cepat untuk mencabutnya tanpa bisa menunggu sampai shutdown terutama jika yang mengaksesnya adalah virus, lihatlah lampu yang ada pada flashdisk. Pastikan tidak ada aktivitas, baru anda bisa langsung mencabutnya tanpa mengindahkan peringatan yang ada. Tentu saja cara ini tetap mengandung resiko terjadi kerusakan data pada flashdisk.
Mudah-mudahan bermanfaat!
Sumber : kapanlagi.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: